Cara memanfaatkan Google Reader & MyYahoo Reader

Blog atau weblog adalah jenis situs yang canggih. Ratusan bahkan ribuan blog bisa dibaca tanpa harus dikunjungi alamatnya.

Engkau pun bisa membaca artikel-artikel Blog Berita tanpa harus berkunjung ke web ini. Caranya dengan memakai program pembaca really simple syndication [RSS]. Terdapat puluhan aplikasi gratis untuk membaca RSS, antara lain Bloglines, Google Reader, dan MyYahoo Reader. Ketiganya cukup mudah dipakai.

Untuk bisa menggunakan MyYahoo Reader, engkau harus punya email di Yahoo. Demikian juga Google Reader, harus lebih dulu bikin email di GMail. Sedangkan Bloglines bisa dipakai dengan layanan email mana pun.

Aku sendiri memakai Bloglines dan Google Reader untuk membaca ratusan situs setiap hari. Banyak keuntungan berlangganan situs via pembaca RSS, antara lain:

  • Menghemat waktu, karena tidak perlu lagi mengunjungi situs satu persatu.
  • Lebih cepat, cocok bagi pengguna koneksi Internet yang lambat. Hanya teks artikel dan foto yang diambil, sedangkan fitur lain, iklan, dan komentar-komentar di situs tersebut tidak ikut masuk ke pembaca RSS-mu, sehingga mempercepat proses loading.
  • Efisien dan efektif. Cukup membuka hanya satu jendela program untuk membaca ratusan hingga ribuan situs. Sebaliknya, kalau kau membaca blog dengan cara yang biasa — mengeklik alamatnya satu persatu — maka di layar komputermu harus dibuka banyak jendela atau tab, dan ini cukup merepotkan bila kau harus membaca banyak situs setiap hari.

Harap dicatat, tidak semua situs memberikan layanan RSS dengan “artikel penuh”. Misalnya Kompas, Detik, dan sebagian blog di WordPress.com, hanya kutipan alinea pertama yang masuk ke pembaca RSS-mu, sehingga kau harus tetap mengunjungi situs tersebut untuk membaca artikel secara lengkap.

Blog Berita sendiri menyediakan layanan RSS dengan artikel penuh. Artinya, kau bisa membaca seluruh artikel tanpa harus berkunjung ke alamat blogberita.net.

Manfaatkan kemudahan membaca situs dengan berlangganan RSS gratis. Klik tautan ini untuk mendaftar:

  • Google Reader — Supaya lebih cepat, sebaiknya masuk dulu ke emailmu di GMail, lalu klik tautan tersebut, dan di halaman Google Reader klik tombol ADD TO GOOGLE READER.
  • MyYahoo Reader — Masuk dulu ke emailmu di Yahoo, lalu klik tautan tersebut, dan di halaman MyYahoo Reader klik tombol ADD TO MY YAHOO!
  • Bloglines — Cara daftrnya gampang kok. seperti daftar ke web-web lainnya.
semoga menyenangkan harimu.

Minggu, 03 Oktober 2010 0 komentar

0 komentar:

Jumlah Kunjungan

DAFTAR ISI